Won’t you go to the Cinema with me?

Alone.

Apa yang lo pikir waktu denger kata ini? Berapa banyak orang yang merasa kalo kata ini begitu mengerikan, tragis, nelongso, desperate, dan kata bermakna ngasihanin lainnya.

But for me, what’s so bad of being alone? Emangnya salah melakukan berbagai hal sendiri? Kecuali menikah, menurut gue sah-sah saja melakukan apa saja sendiri. Bahkan, maaf, muasin diri sendiri aja bisa ‘self service‘ (populer dengan sebutan ‘swalayan’). Makan di resto, ngopi di cafe, dateng kondangan, belanja, sampai…..hmmm…mungkin yang ini masih pro dan kontra sih, nonton bioskop.

Gue dulu juga ngga pernah nonton bioskop sendirian. Kok berasa ‘nightmare‘ aja gitu. Bayangin, berada di dalam ruangan gelap yang luas sendirian di tengah orang-orang yang asing bagi kita. Mungkin sama seremnya dengan nonton film serem. Hiii.

Bayangan gue dulu, pasti sendiri di bioskop aneh, apalagi kalo sekeliling ada yang pacaran. Kesannya lo ngga punya temen apa buat diajak nonton. Ratusan pasang mata (kalau bioskopnya full ya) seakan menatap iba dan berkata “duh, kasiaaaaan”. Dinding-dinding kedap suara bioskop pun seolah berbisik di telinga “sedihnya jadi kamu”.

Pikiran-pikiran kayak itu yang bikin gue ngga berani nyoba nonton sendiri. Some people rather nonton dvd di rumah instead of sendirian di bioskop. My problem is, selalu ketiduran nonton dvd, seseru apapun tuh film. Di bioskop aja kalo filmnya boring gue bisa tidur.

Alhamdulillah juga dulu gue selalu dapat temen nonton. Movie mates setia gue yang juga penggemar film ya sahabat gue dan ehm, mantan. Dari jaman pacaran sampe jadi mantan kami masih suka nonton bareng. Lalu ada suatu waktu temen nonton lo ngga match jadwal nontonnya sama gue, sang mantan juga sudah ngga boleh lagi nemenin nonton, dan temen-temen kantor yang sudah pada punya baby jelas ngga mungkin diajak nonton. “Gila apa ndro, mending gue nyusuin anak gue.” Kira-kira begitu penolakan mereka.

Akhirnya mau ngga mau gue harus coba. Gue ngga akan pernah tau rasanya nonton bioskop sendirian kalau ngga pernah nyoba. 3 Januari 2012, gue adakan #surveimini di twitter tentang pengalaman nonton bioskop sendirian.

Inilah beberapa hasilnya:

@phies: Sering. Biasa aja. Lagian klo ntn bioskop jg gak ngerumpi :p RT @myaharyono: Pernah ada yg nonton bioskop sendirian? Kayak gmn rasanya?
@anggizoraya: Sering..mlh asik bisa fokus nonton filmnya.. RT@myaharyono: Pernah ada yg nonton bioskop sendirian? Kayak gmn rasanya?
@riyanwahyudi: Pernah. Biasa aja. Lebih asik malah -- "@myaharyono: Pernah ada yg nonton bioskop sendirian? Kayak gmn rasanya?
@dwithya: enak juga..so private..or introvert kekeke..RT @myaharyono: Pernah ada yg nonton bioskop sendirian? Kayak gmn rasanya?
@tiaratiala: Aku udah 2x.. Seru tp gak ada tmn ngobrol. Haha RT @myaharyono: Pernah ada yg nonton bioskop sendirian? Kayak gmn rasanya?
@TiaSetiawati: @myaharyono sering. Dan gue enjoy banget. x))

Dari total 11 responden, 3 aja yang ngga suka loh. Tuh kan, berarti ngga ada salahnya sama nonton bioskop sendirian. Sore itu juga gue langsung pergi ke PS untuk nonton sendirian. Film pertama yang gue tonton sendiri adalah: Alvin & The Chipmunk 3. Gue suka film bagian 1 dan 2 karena lucu banget jadi yang ketiga juga lucu.

This is it.

Dan pengalaman nonton pertama gue sendiri di bioskop adalah: Garing!

Kenapa? Karena gue salah film. Filmnya maksa, ngga lucu sama sekali, dan gue hampir ketiduran. Berdasarkan pengalaman itu, ini dia tips dari gue supaya sukses nonton sendiri di bioskop.

1.  Pastikan filmnya bukan film horor setan-setanan atau pembunuhan yah, kecuali kalo lo pemberani.

2. Jangan milih film romantis yang kemungkinan besar penontonnya banyak pasangan. Susah cari kursi kosong satu :p

3. Jangan juga nonton film serius/mikir. Sepinter/sekonsen apapun lo bisa aja loss focus, mending sama temen jadi kalo ada part kelewat bisa nanya kan.

4. Pastiin bagus resensinya. Jangan percaya trailer. Banyak yang terlihat seru/lucu pas nonton ternyata garing. Kebayang kan sudah sendiri filmnya garing pula.

5. Ga usah bawa makanan/minuman. Ngga ada temen sharing jadi bikin banyak makan dan minum, efeknya ke pipis. Kalo sendiri sapa yang jaga tas? Dan gue sih males melewatkan bagian film karena harus pipis ya.

6. Perlu kecermatan dalam milih tempat duduk nih. Pilih kursi paling pinggir. Biar kalo film selesai cepat kabur. Hohoho.

Kesimpulannya, nonton bioskop sendiri bisa garing bisa juga seru. Tergantung cara lo antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan ketepatan milih film. Terus gue kapok ngga milih nonton sendiri? Ya nggalah.

16 Jan 2012 gue kembali nonton sendiri. Filmnya New Years Eve. Dan gue kali ini sudah pintar belajar dari kesalahan pengalaman pertama. Seru, suka, semangat. Mana filmnya quote-able banget deh :)))

Lesson to learn: Just because you’re alone, do not ever make yourself feel lonely. If you can not enjoy doing things alone, how can you enjoy doing things together with anybody?

So, how about you? Bagaimanakah pengalamanmu menikmati kesendirianmu? 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Won’t you go to the Cinema with me?

  1. Gue termasuk ke yang 3 responden itu. Nggak sukanya gara2 nggak bisa ngebahas filmnya langsung abis nonton. Krik krik aja gitu. Dan tatapan kasihan orang-orang itu lho, bener banget. Bikin gak nyaman. Make me decided to do it just once in a lifetime. 😛

    Like

  2. buahahhaha Iya Gels, lo termasuk yg bertiga, dua lainnya sih lebih ke ga pernah nyoba. Akhirnya salah satu dr dua itu nyoba minggu lalu n langsung bbm gue, dia nyoba n ternyata seru katanya. Bahkan, ehm, si mantan pun ikutan nyoba nonton sendiri n komen dia, oke juga. Asal ada triknya aja sbnrnya sih oke jg :p

    Like

  3. Ahh, awalnya gue juga males, eh begitu nyobain, malah ketagihan. Buat pecinta film, nonton bioskop sendirian itu malah enak, ga sibuk ngapa2in kayak kalo bawa pacar. Eh, emang mau ngapain kalo bawa pacar? #eaaaaa

    Like

  4. Seru loh kak, nonton bioskop sendiri. And I very like it. Bisa fokus nonton tanpa harus jawab pertanyaan org sebelah yg ngga mudeng sama isi film atau dengerin komen2 yg ngga perlu, ato dengerin temen yg suka spoiler. Heheh.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s