Aku, Cinta, dan Fisika

Siapa suka fisika?

Enggak ada yang jawab nih? Jarang emang yang suka Fisika, 2 dari 10 mungkin. Dan gue termasuk salah 1 dari 2 yang suka Fisika.

Jangan, jangan komen dulu. Begini asal muasalnya.

Penyebab suka Fisika sih dulu karena guru waktu SMA masih muda dan ganteng. Pak Nurdin, namanya. Dia usil banget sama gue. Hobinya nyuruh gue maju ngerjain soal. Awal-awal gue pikir, ah kebetulan pasti gue yang ketunjuk. Kok lama-lama, seperti dicari-cari alasannya.

Gue masih ingat cara dia menunjuk gue untuk maju.

“Hari ini tanggal 27. Yang absen no 27 maju ya, kita lihat siapa…hmmmmm…Mia.” Kata si pak guru ganteng.

Tiga hari kemudian.

“Hari ini tanggal 30. Yang maju absen nomor 30…dikurangi 3, jadi 27. Kita lihat siapa…Mia.”

PRET!

Untung pak guru ganteng, kalo enggak udah gue cembetutin kali.

Tapi efeknya bikin gue rajin latihan soal-soal. Itu kunci mengerti ilmu fisika. Sebenarnya gue menyayangkan nilai fisika gue di raport yang selalu..ehm..9, malah banting setir kuliah jurusan IPS.

Tapi gue enggak menyesal sih. 🙂

Sekarang, sudah 10 tahun gue enggak menyentuh fisika. Semua teori yang dulu gue babat habis, sudah di luar kepala semua. Iya, gue hilang ingatan seputar fisika.

Menurut gue sih, jaman sekarang anak-anak muda (sok tua nih gue) bisa lebih mudah mencerna ilmu fisika. Bisa lho dengan membuat perumpamaan-perumpamaan, yang membantu untuk mengingat dan memahami berbagai rumus brengsek itu.

Nah adik-adik, kak mimi boleh ya share berbagai teori fisika yang dapat diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari. Terutama cinta. UHUK!

1. Teori Kecepatan Dasar

S = V x T, dimana S adalah jarak, V adalah kecepatan, dan T adalah waktu.

Untuk menghitung waktu, maka T = S/V.

Jadi, jika gebetan mu sudah sangat dekat jaraknya, tapi sinyal yang di kasih dikit-dikit ilang. Kira-kira kapan dia akan menyatakan cinta?

2. Teori Gravitasi Newton

Apa itu gaya gravitasi? Menurut bang Newton, hukum gravitasi adalah gaya tarik-menarik antar dua benda, misalnya gaya tarik bumi terhadap benda-benda. Rumusnya yaitu:

F=(G.m1.m2)/r^2, dimana F adalah gaya tarik gravitasi, m1&m2 adalah massa masing-masing benda, r adalah jarak antara kedua benda, dan G adalah konstanta gravitasi umum yaitu 6.673×10^-11 Nm2/kg2 (Udahlah terima saja angkanya, hidup terlalu pendek untuk mencari turunan rumus gravitasi)

Boook, ribet banget yak rumusnya. Padahal simpel lho kalo dipahami dengan baik. Mari kita analogikan pada cinta.

Besarnya gaya gravitasi antara kedua massa m1 dan m2, berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.

Besarnya kekuatan cinta antara dua pasangan tergantung jaraknya. Makin besar jaraknya, makin kecil gayanya. Jadi, makin lemah dong cintanya?

Belum tentu. Tapi kebanyakan begitu hihhi. Eh jangan lupakan masih ada parameter G. Let’s say G itu takdir. Kalau takdir bilang enggak jodoh, mau jarak jauh kek deket kek, putus ya putus aja.

Dan satu hal, pesan Bapak Einstein. Jangan sekali-kali menyalahkan gravitasi atas jatuh cinta yang kamu alami 😀

3. Teori Relativitas Einstein.
Teori relativitas khusus einstein intinya begini, kecepatan suatu benda akan relatif berbeda terhadap pengamatnya. Pengamatnya bisa sesuatu yang ikut ada di dalam benda bergerak tersebut atau sesuatu yang diam di luar benda bergerak tersebut.

Jangan tanyakan mengapa ada teori ini.

Memahaminya dengan mudah sih begini: Kamu berada di nomor antrian 10, jika 1 antrian menghabiskan waktu 5 menit. Seberapa cepatkah perputaran antrian sehingga kamu menjadi terdepan? Akan menghabiskan waktu berapa lama kesepuluh antrian tersebut.

50 menit?

Tetot.

Tergantung. Dari pengamat di luar kamu ya bisa jadi lama, tapi dari sisi kamu, ya hanya berasa beberapa menit saja karena ada seseorang spesial yang menemani dalam antrian.

4. Hukum Kekalan Energi
Begini bunyinya:

“Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diubah bentuk dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lain.”

Susah menghafalnya?

Energi dalam hati insan manusia itu apa ya? Cinta bukan? Nah, sejak kapan kita bisa menentukan waktu munculnya cinta atau harus berhenti mencintai seseorang. Yang benar adalah, cinta dapat dialihkan kepada orang lain. Orang baru dan yang pantas mendapatkan cinta kita.

Sedap, kan? :p

5. Teori Usaha
Dalam istilah fisika, usaha adalah dorongan atau tarikan atas suatu benda yang sangat dipengaruhi oleh gaya.

W= F x S, dimana W adalah usaha, F adalah gaya, dan S adalah perpindahan. Usaha dinyatakan ada, ketika terjadi perpindahan.

Sehingga S= W/F.

Seberapa berhasil kamu mendapatkan pacar, ya tergantung besar kecilnya usaha dalam memperjuangkan cinta.

Tsaaaah.

Lalu apa hubungan energi dan usaha?

Perpindahan energi juga tergantung besar kecilnya usaha. Jadi, kamu mau cepat move on? Ya usaha.

Lima teori fisika di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya teori njelimet yang lain. Tapi kalau kita pintar-pintar menganologikkan dengan apa saja, suka-suka kita, bisa lebih mudah paham lho.

Jadi, masih bilang fisika itu sulit?

Advertisements

22 thoughts on “Aku, Cinta, dan Fisika

  1. Njis dia bikin beginian. Tapi keren keren hahahaha.
    Anyway, gravitasi bukannya 9.8 something ya? Apa beda satuan jadi beda angka? Gue udah blank samsek. Hedeeeeeh

    Like

    1. Tuh kan kamu inget pak nurdin juga hihi. Kalo tekanan kan berbanding luruh dengan berat benda…mikirnya gini aja: semakin berat meninggalkannya, semakin tertekaaan…apa siiih :p

      Like

  2. Gyahahahahaha.
    Ohmygoood Kakaaa

    Postingan ini adalah bukti nyata kalo nilai rapor fisika beneran 9. Gila ya, dulu suka sirik loh (memandang aneh tepatnya) sama anak yang nilai fisikanya 9. Kok bisa sih???!!

    *masih geleng-geleng kepala*

    Like

  3. Hi mii.. Ini lucu bgt, kreatif bgt si lo.. Anyway g jd silent reader blog lo, dan beli juga buku lo.. Bagusss.. Gw suka tulisan lo,.. Menarik, easy to read, bikin ketawa2 sendiri.. Keep on writing ya, gw jg pst keep on reading yours, hehe..

    Like

  4. Gila ya mbak, lo sudah gak belajar Fisika selama 10 tahun, dan masih ingat berbagai rumus njlimet di atas?
    Meski sekarang sdh jadi auditor senior, cintanya buat Fisika tak tergantikan, Kayaknya emang cinta mati ya sama Fisika. 😀

    Like

  5. boleh tanya dikit ?
    cabang fisika yang mempelajati pemancaran,perilaku, serta dampak elektron atau partikel bermuatan disebut……….

    Like

  6. Nemu gugling..
    Gaya tarik menarik antara seorang Laki – laki dan seorang perempuan dapat diibaratkan bagaikan dua buah muatan yang secara fisika dapat dinyatakan dalam persamaan fisika
    F = K*(Q1*Q2)/R”
    dimana F=gaya, K=konstanta, Q=muatan, R=jarak diantara dua muatan
    .
    Ketika jarak antara kedua pasangan sangat jauh walaupun muatan cinta keduanya tetap, dengan lingkungan (K) yang tidak mendukung (banyak godaan) maka gaya cinta diantara mereka akan mengecil.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s