Tipe Kepribadian Wanita Dilihat Dari Kosmetik

Wanita dan kosmetik.

Keduanya sudah seperti sepasang sahabat baik. Kosmetik lah yang sangat-sangat mengerti kaum gue, yaitu kaum bukan-wanita-yang-polos-tanpa-make-up-saja-cantiknya-kayak-bidadari. Kami ini, butuh di-endorse sama make-up supaya lebih pede.

Sedangkan kaum wanita-yang-polos-tanpa-make-up-saja-cantiknya-kayak-bidadari itu, meminjam istilahnya mbak Yessy Muchtar (yessymuchtar.wordpress.com), disebut cantik effortless. Nggak perlu usaha banyak juga udah cantik.

Bukan berarti si cantik effortless itu juga enggak butuh kosmetik. Mereka juga memakainya supaya lebih kece, lebih enak dilihat.

Gue sendiri mulai berteman dengan kosmetik sejak memasuki dunia kantoran. Hari pertama menjadi pegawai, gue baru berani memakai pewarna bibir yang terkenal disebut dengan lipstick. Selama kuliah paling cuma lipbalm doang. Bedakpun ya asal bedak aja, belum tau apa yang namanya foundation.

Lalu mulailah gue tergoda dengan berbagai kosmetik yang membuat para cewek-cewek di kantor gue jadi lebih kece. Saat mata mereka berkedip, kelopak matanya berwarna! “Aku mau juga kayak gitu!” teriak gue dalam hati.

Gue kemudian berkonsultasi sama nyokap gue, dengan malu-malu, layaknya remaja yang baru pertama kali mendapatkan menstruasi, gue menanyakan, “Mah, Sex itu apa?” @!@#$$#*^%$^%#

Nggak ding.

“Mah, ajarin Mia make-up-an dong.” Pinta gue ke nyokap. Dan nyokap pun mengerutkan jidatnya sambil memandang anaknya from head to toe. Mungkin dalam hati dia berpikir…”Wah, bayiku sudah jadi wanita dewasa.”

Nyokap mengeluarkan seperangkat alat kosmetiknya dan dengan tegas bilang sama gue, “Tapi nanti kosmetiknya beli sendiri, ya. Kan udah bias cari duit sendiri.” Ah Mamah, tak rela sekali perlengkapan dempulnya dipakai sama anaknya.

Iya, Mah. Iya.

Setelah pengalaman pertama bersentuhan dengan berbagai alat bikin cantik itu, hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, koleksi make up gue makin banyak dan lengkap. Bukan, bukan karena gue butuh banyak usaha untuk cantik. Tapi gue suka banget sama dandan. Berikut ini perlengkapan cantik gue yang dikategorikan jadi 3.

>> Kosmetik ‘berat’ yang cuma dipake sekali-kali, pesta misalnya, dan gue simpan di make up box yang lumayan besar.

>> Kosmetik harian yang gue pake monday to friday di kantor, enggak too much, tapi juga enggak natural banget.

>> Kosmetik untuk traveling, palette kecil yang isinya udah lengkap dari bedak, lipstick, eye shadow, dan blush on. Praktis dibawa untuk traveling kemana-mana.

Gue enggak mau cerita tentang jenis dan fungsi berbagai kosmetik yang ada di muka bumi ini sih. Gue bukan make up consultant juga dan masih bego juga meski pernah ikutan make up class. Gue mau share analisa gue, tentang kepribadian wanita dilihat dari kosmetiknya. Here we go.

1. Tipe Royal

Si tipe ini prinipnya, buat kulit kok coba-coba. Bisa ketebak dari caranya yang teliti sebelum memilih kosmetik. Dia akan browsing dulu, nggak sungkan juga konsultasi sana sini, buat tau apa foundation yang paling nempel di kulit, bedak yang enggak mudah luntur, bla bla bla. Nah segala kosmetik yang ter-ter-ter itu ya pastinya harga enggak bisa bohong lah. Mahal berat. Jadi cuma cewek berduit yang royal beli kosmetik mahal. Nah yang begini gampang nih dimanfaatin cowok. #oops

2. Tipe Eksis

Cewek yang beli kosmetik yang emang lagi booming, cocok apa enggak urusan belakangan yang penting beli dulu. Gaul dong cuys, kalau perlu abis beli difoto deh tuh kosmetik dan diupload di instagram. Kasih judul: My best friends…atau my mood boosters.

3. Tipe Labil

Doi pasti gampang banget ikut-ikut temen yang punya lipstick baru atau bedak baru. Mudah percaya juga sama omongan “katanya yang bagus merk ini loh”. Belum juga habis kadaluarsa kosmetik yang ada, udah beli lagi. Numpuk deh *straight face*

4. Tipe Agamis

Tipe cewek yang begini ribet banget deh meriksain konten dalam kosmetik ada unsur babi-nya apa enggak. Sampe pelayan toko segala ditanya, “Ada babinya enggak?” Ya mane die tehe, cek aja sendri ke Lab, sis.

5. Tipe Peduli

Cewek yang selalu ngecek kosmetik ada merkurinya or enggak, trus rajin nyatet tanggal beli dan tanggal kadaluarsanya. Doi peduli banget tuh artinya sama kesehatan, dan biasanya peduli juga sama sekitarnya. Tipe oke untuk dipacarin banget. Halah.

6. Tipe Misterius

Cewek misterius pasti hobi make kosmetik waterproof. Doi enggak mau ketauan nangis dengan belebernya maskara karena air mata. Doi juga make lipstick waterproof biar enggak ninggalin bekas bibir di kemeja si om. #eh

7. Tipe Minimalis

Doi cukup make caring or Viva or Puteri, or berbagai kosmetik lainnya yang cukup didapat di Indomart. Minimalis banget deh budgetnya. Piss!

8. Tipe Susah Move On

Kalau sudah cocok dan nyaman sama kosmetik kesayangannya, enggak akan berpaling deh. Mau digosipin si kosmetiknya mengandung merkuri dan dapat membahayakan juga BODO.

Itu sih menurut analisa suka-suka gue. Kalau kamu, termasuk tipe yang mana? 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Tipe Kepribadian Wanita Dilihat Dari Kosmetik

  1. aku ga suka dandan kak, cuma pake foundation sama bedak. paling kalo kondangan ajah kak. pacar aku juga ga protes meskipun aku ga suka dandan. jadi bingung masup yg mana.

    Like

  2. mungkin msk yg tipe minimalis:). selain msh hemat duit buat kbthn yg lain :P,lbh suka dandan simple tp tetep enak diliat buat sehari2,klo acr bru tuh pke foundation&tmbhn lainnya.suka milih2 jg mana yg cocok&aman dikulit hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s